Sekadar pengumuman saja, hari ini saya mulai membaca buku Wind-Up Bird Chronicle karya Haruki Murakami. Seperti hari-hari membaca biasanya, pembacaan ini bisa dibilang pembacaan tanpa agenda sama sekali. Sama belum pernah baca Norwegian Wood, yang sepertinya sering dimasukkan ke daftar buku wajib baca penikmat sastra.

Alasan saya membaca Murakami sebenarnya sederhana saja. Karena banyak orang membacanya, dan tempo hari seorang teman menyinggung Murakami dan etos kepenulisannya dalam sebuah perbincangan WA, dan karena bukunya gampang dicari. Jadi, karena alasan-alasan tadi, plus agar tidak terlalu jauh ketinggalan di belakang teman-teman yang keluasan bacaannya luar biasa itu, saya sempatkan lah baca novel Haruki Murakami ini, yang menurut entri Wikipedia tentangnya pernah dianugerahi penghargaan oleh Kenzaburo Oe, salah satu sastrawan yang mengkritik Murakami paling keras.

Jadi, saya akan menyelesaikan buku ini dalam beberapa hari ke depan, di tengah kegiatan-kegiatan rutin saya. Sore ini, saya menyelesaikan dua bab dan terasa sangat menarik, jernih, selalu mengajak menyelesaikan, baik narasi, deskripsi, maupun dialognya. Semoga saya bisa menyelesaikan buku ini dengan lancar. Kalau saya bisa melakukannya, saya yakin Anda bisa (sok motivator sekali! :p).

Ya, saya akan membacanya, meskipun telat beberapa tahun di belakang Rangga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s