Hari-hari ini saya menulis tentang Muslim Afrika Amerika, hubungan mereka dengan Muslim imigran, dan karya-karya sastra dari penulis Afrika Amerika yang menyatakan diri sebagai Muslim. Untuk sekadar melengkapi pengetahuan mendasar dan lebih mengakrabkan diri dengan topik, saya sempatkan mencari tahu Muslim Afrika Amerika yang cukup terkenal dan memang dengan tegas mengidentifikasi diri sebagai Muslim. Nah, seperti biasa, cara yang paling gampang adalah dengan mencari di Wikipedia.

Sebentar, mari kita belokkan dulu diskusi ke arah Wikipedia dan keunikannya. Seringkali para akademisi tidak mengajurkan–atau bahkan melarang–anak didik mereka mengutip dari Wikipedia. Ya, memang sangat wajar kalau seorang dosen melarang anak didiknya mengutip dari Wikipedia untuk tulisan ilmiah. Alasannya memang sederhana saja, untuk mendapatkan status “ilmiah” dan punya otoritas, sepotong tulisan idealnya ditulis seorang yang benar-benar ahli di bidang tertentu atau diperiksa dan dikaji oleh orang yang ahli di bidang tersebut. Dan Wikipedia tentu saja bukan media yang melakukan pengkajian ahli atau menyaring dengan ketat orang-orang yang ingin membantu memenuhi lema ensklopedianya. Tapi, tapi, tapi, ada satu hal yang diterapkan Wikipedia secara tegas: klaim-klaim penting harus didukung dengan sumber otentik. Maka, untuk mendukung klaim tertentu seorang penulis lema Wikipedia harus mengutip dari berita online, esai lepas, jurnal ilmiah, buku, film dsb. Di sinilah menurut saya nilai unggul dari Wikipedia: dia menunjukkan kita jalan menuju sumber terandal.

Jadi, mengutip Wikipedia memang masih belum boleh dan masih perlu dilarang, tapi akan sangat salah kalau melarang orang menggunakan Wikipedia sebagai sarana riset. Bisa jadi Wikipedia adalah gerbang menuju petualangan yang lebih jauh. Dan ilmiah, kalau memang itu dirasa penting.

Kembali ke awal tulisan ini: Saya menggunakan jasa Wikipedia untuk mengetahui lansekap manusia-manusia Muslim Afrika Amerika. Dan saya temukanlah halaman ini. Dan di sana terdapat nama-nama yang sebagian saya yakin sudah cukup akrab buat kita penggemar bola basket, penikmat musik (terutama hip-hop), atau yang mengikuti berita politik.

Maka saya undang Anda sekalian untuk meng-klik nama-nama itu dan menyelancari hidup para pesohor/tokoh/olahragawan Afrika Amerika yang menyatakan diri Muslim (atau pernah Muslim) dari berbagai aliran. Ingat lagu “Lihat Kebunku”? Mari menyanyi!

Ada yang Sunni,
Dan ada yang Syiah,
Or Ahmadiyah,
Or Nation of Islam!

Bahkan ada juga yang Five Percenters (yah, meskipun yang terakhir ini sudah tidak lagi menganggap perkumpulan mereka sebagai berkumpulan keagamaan).

Silakan langsung klik gambar ini:

AAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s