Akhirnya, datang juga kesempatan itu. Di sebuah pagi yang dingin, setelah hujan beberapa hari berturut-turut, , saya terbangun mendengar suara mendecak-decak di luar jendela dapur. Bunyi mendecak-decak adalah salah satu jenis cuitan burung kardinal. Selama tiga tahun terakhir, saya lihat burung kardinal jantan dan betina di semak-semak belakang rumah saya. Saya pernah memotret mereka berdua, sendiri-sendiri. Tapi di pagi hari yang dingin itu, mereka tampak kedinginan berdua di semak-semak. Segera saja saya sambar kamera dari meja tulis (yang kebetulan ada di ruang tamu, sangat dekat dengan dapur). Langsung saja saya jepretkan foto keluarga ini untuk pertama kalinya.

Silakan lihat bagaimana kompaknya mereka berdua.

Seperti seringkali saya sebutkan dan tak henti-hentinya saya akan ulangi, burung jantan cenderung tampak lebih elok dan cantik dibanding burung betina. Yang merah ini adalah Kardinal jantan (yang saya namai Mas Kardi), dan yang kecoklatan itu adalah kardinal betina (yang saya namai Mbak Kardinah). Mungkin secara alami seperti itulah alam memperlakukan jantan dan betina. Merak jantan tampak elok dengan ekornya yang panjang, mekar (btw, apakah merak itu anagram dari “mekar”?), dan cantik. Dan merak betina tampak seperti unggas besar biasa.*

Perbedaan antara kecantikan kardinal jantan dan betina ini juga yang dijadikan bandingan untuk perbedaan pakaian tradisional pria dan wanita pada bangsa Cherokee. Sekadar informasi, bangsa Cherokee adalah bangsa pribumi dari kawasan Tenggara Amerika yang akhirnya dipindahpaksa ke kawasan Selatan Amerika (di wilayah yang sekarang bernama negara bagian Oklahoma). Menurut Noel Grayson, seorang pegawai Cherokee Heritage Museum yang dibesarkan secara tradisional oleh orang tuanya yang berdarah Cherokee asli, para perempuan Cherokee dulu membuatkan pakaian dan hiasan yang cantik-cantik untuk suami mereka, sementara pakaian mereka sendiri tampak biasa-biasa.

“Seperti itu jugalah alam,” kata Grayson. “Kalau Anda lihat, kardinal jantan jauh lebih cantik daripada kardinal betina. Bangsa Cherokee menghormati alam dan itulah yang menjadi contoh bagi kami.” Demikian menurut Grayson tentang bangsa Cherokee tradisional, sebagaimana tercermin dari pakaian adat dan hasil-hasil studi antropologi atas bangsa Cherokee.

Sementara sekian dulu tentang perbedaan warna antara kardinal jantan dan betina dan pakaian tradisional pria dan wanita Cherokee. Saya harap dalam waktu dekat bisa menuliskan sekilas tentang sistem matrilinial dalam masyarakat Cherokee. Untuk saat ini, silakan dulu menikmati foto bersama Mas Kardi dan Mbak Kardina.

* Dalam bahasa Inggris, “peacock” yang selalu digambarkan dengan ekor merak itu hanya mengacu kepada burung merak jantan. Untuk burung merak betina, istilahnya adalah “peahen.” Seperti halnya ayam jantan itu “cock” dan ayam betina itu “hen.” Seperti halnya “mermaid” itu puteri duyung dan “merman” itu putra duyung. Dan sebagainya.

Burung
Foto keluarga pasangan Mas Kardi dan Mbak Kardina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s