Saudara-saudara penikmat Laporan Studi Banding,

Kali ini Tim hanya memberikan gambaran jalan antara pemukiman mahasiswa ke kampus di Amerika Sebelah Sini. Ada beberapa hal yang bisa ditilik dari video tiga menit yang diambil dari dalam mobil ini, yaitu:

  1. Amerika Sebelah Sini tidak semegah Amerika di film-film Hollywood, sitkom berlatar New York, atau yang lain-lain. Amerika Sebelah Sini tak jauh berbeda dengan kota Batu (berbukit-bukit) atau kota-kota pelajar lainnya.
  2. Di Amerika Sebelah Sini tupai-tupai berkeliaran bebas (sudah sering sy bahas)
  3. Gedung-gedung milik negara atau swasta biasanya dilengkapi dengan tiang bendera yang memasang dua bendara: bendera Negeri Aa’ Sam dan bendera Negara Bagian.
  4. Universitas di Amerika Sebelah Sini memberikan layanan “Kunjungan Kampus” bagi orang tua yang ingin melihat seperti apa kampus yang dipilih anaknya. Kampus menyediakan layanan pemandu (atau lebih tepatnya semacam “Duta Wisata” atau “Ambassador”) yang menunjukkan tempat2 dan layanan2 penting di kampus yang kira-kira bisa membuat orang tua merasa nyaman dan tenteram dan aman kalau membiarkan anaknya pergi.
  5. Kampus di Amerika Sebelah Sini tidak berpagar, jadi seolah-olah tidak ada batas antara lingkungan kampus dengan lingkungan sekitar. Ada jalan umum (tidak terlalu ramai) yang membelah kampus. Biasanya, kalau musim Bikes, Blues and BBQ (sering saya bahas), jalan2 ini akan dipenuhi moge yang sangat berisik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s