Dalam beberapa postingan ke depan (yang sebagian sedang dalam masa penggodokan dan sebagian lagi masih dalam proses mengiris/potong/cacah dan meracik bumbu), saya akan berbicara tentang tempat-tempat wisata alam. Postingan-postingan itu akan masuk dalam seri postingan Laporan Studi Banding. Untuk menemani postingan-postingan tersebut, saya akan membuat sebuah kamus singkat sekadar menyeragamkan peristilahan. Dan karena kamus ini dibuat dengan dilandasi oleh falsafah “manasuka,” maka mohon dipahami kalau kamus ini tidak sistematis (dan bahkan tidak alfabetis).  Baiklah, selanjutkan kita tampilnya….

Taman Nasional (National Park): Kawasan yang dilestarikan dan diperuntukkan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat. Berbeda dengan lazimnya Taman Nasional di Indonesia yang, setahu saya, hanya berupa hutan alami, Taman Nasional di Amerika ini bisa berupa macam-macam, bisa tempat alami dan bisa pula tempat non-alami. Salah d (ua ontoh Taman Nasional non-alami adalah kawasan Gedung Putih dan Central Little Rock High (lokasi peristiwa perjuangan hak sipil ketika 9 murid kulit hitam pertama mengikuti sekolah integrasi, bercampur dengan murid SMA kulit putih). Central Little Rock High di kota Little Rock, ibu kota negara bagian Arkansas, dijadikan taman nasional karena dia berguna untuk ilmu pengetahuan SOSIAL, karena menyimpan nilai sejarah yang amat penting. Contoh taman nasional alami antara lain Yosemite National Park dan Grand Canyon National Park–yang pasti Anda kenal dan banyak diplintir namanya untuk ngarai-ngarai di nuswantara.

Hutan Nasional (National Forest): Bisa dibilang semacam taman nasional yang bentuknya hutan. Definisinya mirip taman nasional secara umum, tapi bentuknya hutan. Contohnya adalah kawasan perhutan di negara bagian Missouri yang disebut Mark Twain National Forest dan saya terjemahkan menjadi Hutan Nasional Mark Twain–tentu untuk menghormati sang sastrawan.

Kali Nasional (National River): Definisinya mirip taman nasional secara umum, tapi bentuknya sungai. Contohnya adalah Buffalo National River, yang saya terjemahkan menjadi Kali Nasional Kebo (KNK) yang berada di negara bagian Arkansas dan merupakan Kali Nasional pertama di Aa’ Syam.

Taman Negara Bagian (State Park): Definisinya mirip taman nasional, tapi pendanaannya berasal dari negara bagian. Contohnya adalah Roaring River State Park (Taman Negara Bagian Kali Aum) di negara bagian Missouri dan Devil’s Den State Park (Taman Negara Bagian Sarang Setan).

Cagar Nasional (National Preserve): Kawasan alam yang kondisinya dipertahankan seperti aslinya, dan biasanya kawasan ini hanyalah sisa dari sesuatu kawasan alam yang sebelumnya sangat luas. Contohnya adalah Tallgrass Prairie National Preserve (Cagar Nasional Padang Rumput Tinggi) di negara bagian Kansas yang merupakan salah satu habitat terakhir asli dari bison asli Amerika.

Suaka Margasatwa (Wildlife Preserve): Kawasan alam yang kondisinya dipertahankan (atau dikembalikan) seperti kondisi aslinya dengan tujuan agar margasatwa asli bisa hidup (kembali) di kawasan ini. Contohnya adalah Maxwell Wildlife Preserve (Suaka Margasatwa Maxwell–bukan merek kaset pita itu) tempat beranakpinaknya bisa asli Amerika (yang didatangkan dari Wyoming dan North Dakota) dan elka (aslinya “elk,” semacam kijang seukuran sapi dan bertanduk super cantik).

Museum dan Perpustakaan Kepresidenan (Presidential Library and Museum): Merupakan museum dan perpustakaan yang didirikan untuk menyimpan, melestarikan, dan memamerkan segala segi kehidupan mantan presiden. Hal-hal yang dilestarikan dan dipamerkan bisa berhubungan dengan diri pribadi seorang mantan presiden (masa kecil, remaja dan kehidupan pribadinya) sekaligus masa kepresidenan yang bersangkutan. Sebagai contoh, Clinton Presidential Library and Museum di Little Rock, Arkansas, merupakan tempat menyimpan segala hal terkait masa kepresidenan Bill Clinton (segala surat-surat kepresidenan dan cinderamata dan tamu negara–termasuk keris dari mantan mendikbud kita Pak Wardiman) sekaligus juga hal-hal yang berhubungan dengan masa kecil Bill Clinton (termasuk salah satu gambarnya). Eisenhower Presidential Library dan Museum yang berada di negara bagian Kansas agak berbeda: selain perpustakaan dan museum secara umum, tempat ini memiliki rumah masa kecil president Dwight Eisenhower yang masih asli seperti dulu.

Sementara ini dulu kamus istilah wisata Amerika. Seiring detik berganti, bergulirnya waktu, serta gelegar zaman yang menggemuruh (halo, Mbak Imaniar!), saya akan menambah kosakata peristilahan wisata ini demi lancarnya program Laporan Studi Banding ini. Btw, kalau Pak Fadli Zon pingin mengutip untuk menyertai laporan kunjungannya di negeri Aa’ Syam dan Paman Donald, saya persilakan meskipun kunjungan Anda yang terakhir bukan dalam rangka studi banding.

Salaam…

One thought on “Kamus Pengantar Laporan Studi Banding di Negeri Aa’ Syam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s