Yayasan Fulbright adalah yayasan di Amerika Serikat (dengan dana dari Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat) yang paling banyak membiayai pertukarang pelajar di Amerika. Di Indonesia, beasiswa dari Yayasan Fulbright ini diorganisir oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) dan setiap tahunnya memberangkatkan puluhan mahasiswa/sarjana untuk belajar dan melakukan penelitian di universitas-universitas di Amerika Serikat. Pada tahun 2008, saya sangat beruntung karena mendapat kesempatan untuk memulai kuliah program magister lewat program beasiswa ini.

Menariknya bagi saya sendiri, ternyata kampus yg saya pilih sebagai tujuan kuliah itu adalah kampung halaman penggagas program beasiswa ini, kampus tempat J. William Fulbright menjadi dosen (sebelum menjadi senator untuk negara bagian Arkansas dan setelah pensiun dari posisi senator). Bahkan, fakultas yang memayungi jurusan saya diberi nama Fakultas Sains dan Humaniora J. William Fulbright.

Pagi ini kampus University of Arkansas merayakan hari lahir J. William Fulbright yang ke-110. Perayaan ulang tahun sederhana ini diisi pidato-pidato singkat dari tokoh-tokoh yang berhubungan dengan Fulbright. Pembuka acara adalah pidato dari Todd Shield, dekan Fakultas Fulbright yang baru dua minggu yang lalu ditunjuk (btw, Todd Shield juga muncul dalam film dokumenter After the Tsunami, yang menyoroti mahasiswa2 asal Aceh yang belajar di Texas dan Arkansas melalui program Fulbright Tsunami Relief antara tahun 2006-2011). Selain itu, ada Louis F. Restrepo, dosen Sastra Perbandingan asal Kolombia yang bidang keahliannya adalah sastra dan budaya Amerika Latin dan bahasa Spanyol. Restrepo datang ke Amerika sebagai Junior Scholar melalui beasiswa Fulbright pada tahun 2001. Ada juga Matt Parnell, seorang mahasiswa doktoral jurusan Sejarah yang beberapa waktu yang lalu mendapat dana dari Yayasan Fulbright untuk melakukan penelitian sejarah di Mesir sekaligus menjadi guru bahasa Inggris. Selanjutnya ada Aliya, seorang mahasiswa asal Pakistan yang sedang menempun program pasca sarjana dengan dana dari Yayasan Fulbright.

Tentu, acara ulang tahun tidak lengkap tanpa kue dan nyanyian selamat ulang tahun, yang dibikin giras dengan iringan brass section dengan terompet, trombon, tuba, dll dari Hog Wild Band dan nyanyian bariton seorang dosen/penyanyi kor resmi kampus.

Louis F. Restrepo, (dosen Comparative Literature yg pertama kali datang ke Amerika pada tahun 2001 sebagai Fulbright Junior Scholar) dan Todd Shield (dekan baru Fulbright College of Arts and Sciences)
Louis F. Restrepo, (dosen Comparative Literature yg pertama kali datang ke Amerika pada tahun 2001 sebagai Fulbright Junior Scholar) dan Todd Shield (dekan baru Fulbright College of Arts and Sciences)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s