Sudah beberapa saat ini saya memakai iPhone empat. Sebelumnya seperti anda ketahui saya sempat berhenti sejenak dari memakai smartphone. Dan setelah satu bulan lebih memakai iPhone, saya siap membuat sebuah review tentang salah satu hal yang sangat penting kita miliki dalam menggunakan iPhone. Hal penting yang akan saya sampaikan itu adalah sebuah fitur speech to text yang ada pada iPhone. Sebelumnya, saya hanya tahu bahwa hanya mulai dari iPhone four S kita bisa menggunakan fitur speech to text.

Fitur speech to text yang ingin saya sampaikan itu bernama dragon. Dalam menggunakan dragon, kita bisa berbicara secara langsung dan ucapan kita akan diterjemahkan menjadi tulisan. Biasanya memang ini adalah hal yang sangat lazim dalam menggunakan smart phone. Tapi, yang membuat dragon sangat menarik adalah karena dia mengenali bahasa Indonesia. Dulu, ketika saya masih memakai Android, saya juga menggunakan fitur speech to text. Tapi saat itu saya hanya menggunakan fitur speech to text untuk menerjemahkan ucapan ke dalam tulisan dalam bahasa Inggris. Saya dulu sering bertanya tanya atau lebih tepatnya mengharap harap agar fitur speech to teks itu bisa mengenali ucapan dalam bahasa Indonesia. Dan ternyata, setelah saya mau makan dragon, saya jadi tahu bahwa sudah ada fitur yang mengenali ucapan bahasa Indonesia.

Saya cukup yakin, dengan adanya fitur dragon ini, kita bisa sedikit lebih produktif daripada dunia. Hal ini sangat penting buat saya, terutama karena saya menggunakan iPhone 4 yang layarnya sangat kecil, dan jari jari saya jempol semua. Dan, sebagai seorang blogger, fitur ini sangat memudahkan saya untuk merekam hal hal yang terlintas di kepala dan kemudian dijadikan postingan blog.

Intinya, kalo ada memiliki iPhone four atau iPhone akan yang lain, jangan lupa install fitur atau aplikasi dragon ini. Hari ini sangat penting kalau anda memang ingin bisa merekam yang terindah di pikiran, atau Anda ingin lebih produktif Sementara jadi jadi anda terlalu besar untuk dipakai mengetik secara akurat di iPhone.

Oya, satu hal yang penting adalah, dragon ini sangat akurat bahkan dalam menerjemahkan ucapan bahasa Indonesia ke dalam tulisan. Tapi, tentu saja Anda masih harus membetulkan kalau memang ada salah salah. Dan dalam kesabaran kali ini saya tidak membetulkan sama sekali kesalahan kesalahan penerjemahan dari ucapan menjadi tulisan. Makanya, kalau ada salah salah kata dalam postingan ini, Anda saya harap bisa memakluminya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s