Di perpustakaan kampus saya, ada satu bagian yang disebut Koleksi Khusus. Bagian ini, seperti diindikasikan oleh namanya, memiliki koleksi-koleksi perpustakaan yang tidak standar. Kalau koleksi standar sebuah perpustakaan konvensional biasanya adalah buku, majalah, peta atau hal-hal semacam itu, maka koleksi khusus ini terdiri dari poster, lukisan, benda-benda atau apa saja yang biasanya sudah cukup berumur dan memiliki arti penting terkait tema-tema atau kejadian-kejadian tertentu.

Yang saya ketahui hingga saat ini, isi koleksi khusus ini antara lain adalah benda-benda penting dari masa-masa awal kampus University of Arkansas (seperti kursi tua, mesin ketik tua, mesin cetak tua dan lain-lain) di akhir abad ke-19. Pernah juga saya lihat koleksi poster, majalah, buku atau surat-surat terkait komunitas homoseksual di Arkansas dari tahun 70-an.

Nah, yang ingin saya bagi fotonya dalam kesempatan ini adalah koleksi yang berhubungan dengan Perang Sipil Amerika Serikat yang terjadi antara tahun 1861-1865. Sekadar informasi saja, Perang Sipil Amerika adalah sebuah perang antara “Konfederasi” (yaitu sebelas negara bagian Selatan Amerika Serikat) melawan “Union” atau “Utara” (yaitu negara-negara bagian Amerika yang tersisa setelah 11 negara bagian Selatan itu menyatakan memisahkan dari dari Amerika Serikat. Pangkal permasalahan Perang Sipil ini adalah keinginan pemerintah pusat Amerika (yang waktu itu baru dipegang oleh Abraham Lincoln) untuk menghentikan praktik perbudaan yang sudah mentradisi di negara-negara bagian Selatan yang berbasis agraris dan sangat membutuhkan tenaga kerja serendah mungkin (hingga merendahkan harkat kemanusiaan) untuk berjalannya proses pengerukan hasil bumi itu.

Medan-medan tempur Perang Sipil terletak di kawasan Konfederasi dan teritori AS (yang kelak menjadi negara2 bagian seperti Oklahoma dan Missouri), utamanya karena yang melakukan serangan aktif adalah tentara dan milisi dari Union. Arkansas memiliki banyak medan tempur perang sipil yang sekarang biasanya jadi “state park” untuk memperingati Perang Sipil. Ada pula medan tempur yang saat ini tidak lagi tampak, seperti misalnya sebuah kawasan bisnis yang terletak sekitar 1 kilometer dari kampus University of Arkansas.

Dalam koleksi khusus yang ditampilkan bulan Juni ini di perpustakaan kampus, terdapat beberapa dokumen primer perang sipil, yang isinya macem-macem mulai dari selebaran hingga surat resmi pengiriman barang-barang logistik perang. Sumber-sumber sejarah primer yang dipamerkan ini masih belum banyak disentuh dan diolah oleh sejarawan yang menggarap Perang Sipil. Yang pasti, dokumen-dokumen ini menunggu di bagian Koleksi Khusus ini.

06112014924
Surat, formulir, sumpah, kisah, dll.
06112014925
Surat dengan revisi dan materai tempel.
06112014926
Tampilan Koleksi Khusus bulanan yang cuma seuprit ini paling tidak bisa menunjukkan kepada pengguna perpustakaan bahwa perpustakaan memiliki benda-benda ini, yang bisa dijadikan sumber primer penulisan sejarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s