Kawasan Selatan Amerika Serikat seringkali disebut juga kawasan Bible Belt, Sabuk Injil (mungkin padanan dari Kawasan Tapal Kuda di Jawa Timur). Seringkali, orang membuat generalisasi bahwa orang-orang di kawasan ini rajin ke gereja. Tentu saja banyak yang menyuarakan “Jangan menggeneralisasi begitu lah!” Brad Paisley, penyanyi country kegemaran saya, dalam lagu “Southern Comfort Zone” nyemoni kita “Not everybody goes to church…” 

Tapi, sekilas saja kelihatan bahwa di mana-mana ada gereja. Bahkan, di Louisiana, saya pernah jalan dan melihat hampir setiap setengah kilo ada gereja–jadi ingat banyaknya mushalla dan masjid di sepanjang perjalanan antara Gempol dan Jember. Nah, melengkapi kecenderungan “alim” orang-orang Selatan ini, banyak sekali kita menemukan simbol-simbol Kristiani di berbagai tempat, mulai kaos mahasiswa sampai mobil-mobil sport mereka. Salah satu simbol yang sering muncul adalah “Ichtys” atau gambar ikan sederhana seperti ini:

Ichthys dari Catalogs.com
Ichtys dari Catalogs.com

Menurut riset saya (kalau saya ngomong riset dalam konteks blogging, biasanya nggak jauh-jauh dari google dan wikipedia hehehe), simbol ini dipakai sebagai simbol rahasia pemeluk Kristen saat mereka masih terancam oleh pemerintahan Romawi. “Ichtys” itu sendiri adalah singkatan bahasa Yunani yang artinya “Yesus Kristus, Anak Tuhan, Juru Selamat.” (Ini saya kopikan aslinya dari Wikipedia bahasa Inggris: ΙΧΘΥΣ (Ichthus) is an acronym/acrostic[4] for “Ίησοῦς Χριστός, Θεοῦ Υἱός, Σωτήρ”, (Iēsous Christos, Theou Yios, Sōtēr), which translates into English as “Jesus Christ, God’s Son, Savior”).

Nah, uniknya, karena sirkulasi mobil yang sangat cepat nan tak terlacak, dan banyaknya orang di kawasan Selatan yang berasal dari luar negeri (khususnya di kota-kota kampus seperti Fayetteville), simbol yang mestinya sudah tidak rahasia ini menjadi rahasia lagi. Atau, lebih tepatnya, simbol ini kehilangan makna standarnya. Maksud saya, banyak orang di Selatan yang tidak tahu makna simbol ini. Termasuk di antara orang-orang itu adalah mahasiswa atau pendatang Muslim.

Dari situlah, tidak terlalu mengherankan apabila simbol “Ichtys” ini ditemukan di mobil-mobil yang parkir di masjid, termasuk mobil seorang teman saya dari Timur Tengah ini:

Mobil seorang Muslim dengan lambang Ketuhanan Yesus (warna dan model mobil dikaburkan untuk melindungi identitas pemilik mobil :D).
Mobil seorang Muslim dengan lambang Ketuhanan Yesus (warna dan model mobil dikaburkan untuk melindungi identitas pemilik mobil :D).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s