Mari kita lanjutkan lagi pelajaran bahasa Inggris. Pada hari ini, kita akan membahas kata sifat dan benda yang berhubungan dengan kawasan geografis. Mungkin ini sepele, tapi sepertinya akan sangat berguna kalau kita tahu cara menempatkannya dengan baik dan asyik. Untuk itu, mari kita mulai dengan “Arab”:

Istilah “Arab” ini sebenarnya cukup dilematis, karena batasannya sangat cair. Tapi, secara umum “Arab” mengacu kepada 1) wilayah timur tengah yang mayoritas penduduknya adalah salah satu dari dua ras semit utama (biasanya disebut Dunia Arab atau “Arab World” atau “Jazirah Arab”), atau 2) orang-orang di berbagai wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara yang berbicara dengan berbagai dialek bahasa Arab (mulai dari Mauritania, Maroko, Tunisia, Libya sampai Irak).

Arab: biasanya istilah ini digunakan untuk menjelaskan orang (Arab women atau Arab men) atau budaya (Arab culture).

Arabic: biasanya digunakan 1) sebagai kata benda untuk bahasa Arab (I can speak Arabic a little bit) atau 2) kata sifat yang menjelaskan aksara (Arabic transcription atau Arabic letters) atau sastra (Arabic literature) atau 3) kopi hehehe (Arabic coffee).

Arabian: kata ini sebenarnya sekarang sudah terbilang agak kuno. Kalau kita perhatikan, kata ini hanya dipakai untuk mengacu hal-hal yang sifatnya eksotis atau mungkin alami. Misalnya untuk mengacu kepada waktu (Arabian nights atau, dalam blog2 orang yang pelesir ke Arab, Arabian heat), atau lokasi (Arabian deserts atau Arabian Peninsula) atau untuk menjelaskan kuda, hehehe.. (Arabian horse, yang katanya Jimbron merupakan makhluk paling tampan di muka bumi).

Sementara begitu dulu soal “Arab.” Sekarang, pertanyaan saya, bagaimana dengan daerah-daerah kita di Indonesia sendiri? Apakah kira-kira ada pola pembedaan semacam ini? Mari kita coba dengan kata “Jawa” yang kebetulan saya kenal.

Java: biasanya mengacu ke lokasi atau pulau.

Javanese: biasanya mengacu ke bahasa (Javanese atau Javanese language), sastra (Javanese literature), atau orang (He’s a Javanese gentleman who later became a dictator.)

Javan: biasanya mengacu ke satwa (Javan tiger, atau harimau khas Jawa dari Taman Nasional Meru Betiri di Jember yang disinyalir sudah punah itu) atau pengelompokan ilmiah (Pitechanthropus erectus, also called Java Man, is found in the main island of Javan group).

Silakan lanjutkan sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s