Dari Pancuran ke Pancuran: Pancuran Perdamaian

Masih dalam rangka ziarah dari pancuran ke pancuran, saya tambahkan lagi satu pancuran dari lingkungan kampus Universitas Arkansas di Fayetteville. Kali ini yang menjadi sorotan kita adalah Pancuran Perdamaian Fulbright (atau nama Inggrisnya Fulbright Peace Fountain). Pancuran ini berlokasi di antara gedung Fakultas Arsitektur Fay Jones dan Fakultas Humaniora Fulbright.

Pancuran ini lagi-lagi tidak seperti pancuran yang konvensional. Dia ini bukan air yang dipancurkan ke atas lalu turun. Agak menyerupai pancuran di Fakultas Hukum yang kita bahas tempo hari, pancuran ini berupa genangan air dengan sumber yang deras, saking derasnya sumber genangan itu, air yang tumpah dari genangan itu tetap terlihat sangat berlimpah-limpah. Dengan kata lain, pancuran ini lebih menyerupai luberan kolam yang sumbernya sangat deras. Di atas genangan air ini, terdapat sebuah konstruksi dari perunggu yang cukup menjulang.

Mungkin bukan kebetulan, pancuran ini terletak tepat di depan patung William J. Fulbright, seorang mantan wakil presiden Amerika Serikat dan senator dari negara bagian Arkansas. Senator Fulbright sendiri sekarang lebih dikenal melalui program beasiswa Fulbright yang didanai oleh Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat dan diprakarsai oleh Senator Fulbright dengan tujuan meningkatkan kesalingpemahaman antara bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Juga bukan kebetulan juga bahwasanya pancuran ini tepat di antara Fakultas Humaniora Fulbright dan Fakultas Arsitektur Fay Jones. Senator Fulbright adalah juga seorang profesor di Universitas Arkansas di Fayetteville pada masa hidupnya. Sedangkan Fay Jones, yang namanya diabadikan jadi nama Fakultas Arsitektur itu, adalah seorang arsitek ulung dan paling dibanggakan di seluruh negara bagian Arkansas. Dia jugalah salah seorang arsitek yang merancang Pancuran Perdamaian Fulbright ini (dia merancang pancuran ini bersama Maurice Jennings). Informasi di atas saya ambil dari halaman situs ini.

Demikian laporan kami dari pancuran sebelah sini…

Patung Senator Fulbright berdiri menjulang di seberang jalan, menghadap ke Pancuran Perdamaian Fulbright.
Patung Senator Fulbright berdiri menjulang di seberang jalan, menghadap ke Pancuran Perdamaian Fulbright.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s