http://finance.detik.com/read/2012/07/29/151640/1977673/4/

Ini yang Membuat Anggaran Kementerian Agama Tembus Rp 38 Triliun

Inti dari berita ini adalah bahwasanya APBN Kementrian agama adalah yang paling tinggi di antara sejumlah kementrian. Nilai ini bahkan di atas kementrian kesehatan yang “hanya” 31 triliun, pertanian (18 triliun), dan kelautan (5 triliun).

Meski ditulis dengan gaya dingin-dingin jurnalistik, artikel ini berpotensi membuat panas siapa saja yang peduli akan nasib bangsa Indonesia, terutama karena isi dari berita itu sendiri. Ada juga komentar beberapa orang yang dapat menyoroti ironi dari fenomena ini.

Namun, satu hal yang menurut saya dijadikan daya jual artikel ini secara tidak semestinya adalah bahwasanya artikel ini menyinggung tentang gaji-gaji guru madrasah sebagai salah satu wujud alokasi dari anggaran yang 38 triliun itu tanpa sedikit pun usaha dari penulis berita untuk menelusuri seberapa prosentasenya. Tentu, dengan membiarkannya terbuka seperti ini pembaca yang kurang kritis akan bisa dengan mudah mencari sasaran yang bisa disalahkan. Di sini menurut saya penulis berita (atau portal berita) ini menunjukkan kecenderungan sensasionalnya.

Selebihnya, membaca berita ini membuat saya miris. Semoga segera ada upaya “investigasi” sehingga faktanya semakin transparan dan segera bisa diambil tindakan untuk memperbaiki keadaan ini. Ya, saya bilang “memperbaiki” karena keadaan seperti ini tidak wajar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s