Di bulan Ramadhan ini, dalam upaya menjadi manusia yang lebih asyik, mari kita definisikan Before Midnight.

Before Midnight adalah:

  1. film ketiga tentang kisah kasih Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpi). Film pertama berjudul Before Sunrise dan yang kedua berjudul Before Sunset.
  2. film yang benar-benar mencontohkan idealnya film logi-logian (sementara kita sebut saja cicilan terakhir dalam sebuah trilogi bernama “trilogi before”, mungkin saja beberapa belas tahun lagi ada cicilan keempat dan menjadikannya film ketiga dalam “tetralogi before”). Kenapa ideal? Karena sebagai cicilan kesekian film ini menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam kejiwaan tokoh-tokohnya, sebagaimana layaknya orang yang berkembang usianya.
  3. film yang wajib ditonton penulis, cendekia, pemikir berjenis laki-laki, yang memiliki keluarga, istri, anak. Kenapa wajib ditonton? Karena film ini mengangkat tema benturan antara gagasan, teori, segala sesuatu yang ndakik-ndakik dengan kehidupan duniawi yang dipenuhi dengan kekongkretan, keserbanyataan, atau gampangnya … kenyataan. Film ini menunjukkan kenyataan pahit (dan, dengan tepat sekali, melalui percekcokan pahit suami-istri) bagaimana kecendekiaan itu cenderung maskulin, cenderung berpihak kepada laki-laki, cenderung disertai kenyataan ternomorduakannya kepentingan pihak perempuan…
  4. dan masih banyak yang lainnya

Sekadar mengingatkan, beberapa tahun yang lalu, saya sempat menulis tentang Before Sunset di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s