Sebuah SMA (Sekolah Menengah Atas) di negeri Aa’ Syam merupakan taman nasional. Apakah karena para siswanya merupakan purba? Apakah karena berlokasi di dekat hutan lengkap dengan danau dan air terjun? Tidak. SMA ini dijadikan taman nasional karena arti pentingnya bagi ilmu pengetahuan sosial, khususnya sejarah. Sebelum berlarat-larat, saya sampaikan saja bahwa SMA yang saya maksud ini adalah Arkansas Central High School di Little Rock. Kita akan pelajari dalam postingan kali ini mengapa SMA ini dijadikan taman nasional.

Jadi, intinya, untuk bisa disebut taman nasional, sebuah tempat tidak harus berupa taman dalam arti harfiah. Tempat ini bahkan tidak perlu punya pohon untuk menjadi taman. Menurut Brian Schwieger, seorang pegawai National Park Service yang bertugas menjadi pemandu di Little Rock Central High School, menyebutkan bahwa Little Rock Central High School dijadikan taman nasional karena arti pentingnya dalam mengenang dan menjadi sumber penelitian tentang sejarah integrasi ras di level sekolah menengah di Selatan.

Kalau dilihat pada lingkup yang lebih luas, kita akan temukan beberapa tempat yang merupakan taman nasional tanpa harus menjadi taman secara harfiah. Ambillah kawasan Capitol Hill di Washington D.C., yang merupakan tempat ngantornya Barack Obama dan para Senator negeri Aa’ Syam. Kawasan perkantoran yang sangat luas itu adalah taman nasional. Jadi, presiden Obama itu ngantornya di taman nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s