“Berbagi sepeda” atau istilah resminya bike sharing system adalah satu tren baru di dunia persepedaan. Sekilas idenya tidak jauh beda dengan persewaan sepeda yang memang ada di segala penjuru dunia di mana ada seseorang atau sebuah organisasi punya banyak sepeda dan orang bisa memakai sepeda itu dengan membayar. Sekilas tidak jauh-jauh amat. Bedanya, “berbagi sepeda” menggunakan sistem yang lebih canggih dan—sejalan dengan perkembangan zaman—tidak membutuhkan terlalu banyak orang untuk menjalankan sistemnya dan memastikan jalannya sistem dengan efektif. Praktisnya, ada tempat-tempat tertentu di kota (sebut saja “pos”) yang menyediakan beberapa unit sepeda yang terkunci di mesin yang hanya bisa dibuka kalau kita sudah memasukkan uang atau kupon. Saat menyewa, kita bisa menentukan berapa lama akan menggunakan sepeda tersebut. Nanti, setelah segalanya usai, kita harus kembalikan sepeda tersebut ke pos-pos yang tersedia di seluruh kota.

Begitulah kira-kira. Foto di atas adalah salah satu pos “berbagi sepeda” yang ada di kota San Antonio, Texas. Sekadar informasi, kota San Antonio ini adalah salah satu kota terpenting di Amerika karena 1) merupakan salah satu kota tujuan wisata terpopuler dan 2) menurut sejarah, kota ini merupakan tempat terjadi penggempuran benteng Alamo di mana Republik Texas dihajar oleh tentara meksiko hingga kalah (tetapi kekalahan ini menyulut emosi warga Texas untuk kemudian bisa memukul mundur tentara Meksiko).

Seluruh pusat kota San Antonio adalah tempat yang sangat indah dengan berbagai tontonan dan tempat-tempat bersejarah yang sangat cantik. Kalau Anda suka berjalan-jalan—dan kuat melakukannya—dan tidak diburu waktu, jalan kaki adalah cara yang paling pas. Dengan kamera di tangan, Anda tinggal jepret kanan jepret kiri. Dengan uang di kantong, Anda bisa mampir restoran kanan mampir restoran kiri. Dengan kekasih tercinta, Anda bisa gombal kanan gombal kiri. Semua ini bisa dilakukan dengan cara seksama dalam tempo sepanjang-panjangnya.

Tapi, kalau hemat waktu menjadi pertimbangan penting buat Anda, maka bersepeda adalah cara yang pas. Dan tentu saja jangkauan jelajah Anda jadi lebih jauh. Anda bisa membawa beban lebih berat di ransel Anda (seperti misalnya peralatan fotografi, atau kanvas—bagi yang suka melukis/mensketsa) dan mencari posisi paling wenak untuk meluapkan hobi. Dan karena sangat kecil kemungkinannya Anda bawa sepeda jauh-jauh dari rumah Anda ke San Antonio, jadi ya… “berbagi sepeda” inilah sistem yang sangat membantu Anda bila Anda termasuk golongan kedua ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s