Apakah Anda suka mencatat-catat hasil bacaan, hasil tontonan, hasil temuan tapi merasa malu beli buku tulis bergaris di Alfamart? Apakah tulisan tangan Anda jadi jelek karena sudah tak pernah lagi menulis tangan dan terlalu banyak mengetik di komputer dan handphone? Apakah tulisan jelek itu menghalangi Anda untuk menuliskan catatan di buku? Apakah Anda kesulitan mengorganisir catatan di komputer berdasarkan bidang studi atau topik sehingga malas membuka-buka lagi catatan lama? Kalau jawabannya iya, Anda tidak sendirian! Karena itulah, saya perkenalkan kepada Anda-anda yang belum kenal, software buku catatan berjuduuuuuuuuuulllll: 

NIXNOTE!

Aplikasi ini sekilas saja tampak seperti klien penerima email Mozilla Thunderbird atau Microsoft Outlook. Tapi jangan tertipu, aplikasi ini benar-benar buku catatan yang diciptakan untuk Anda-anda yang memberi jawaban “ya” atas pertanyaan-pertanyaan di atas. 

Saya tidak akan memberikan deskripsi berkepanjangan tentang software itu. Kalau tertarik ingin menjelajahi, silakan download di sini. Aplikasi ini bisa dipakai untuk berbagai OS yang lazim, Linux, Windows xp/vista/7, Mac OS, atau lain-lain. Saya sendiri kebetulan memakai Ubuntu Linux dan (jangan bilang-bilang) kenal software ini karena teman sebangku di kelas (yang memakai Ubuntu juga) memakai software ini untuk mencatat-catat. 

Langsung saja saya sebutkan beberapa keuntungan dari software ini versi saya: 

  1. Organisasi yang maksimal. Saat memakai software ini, Anda bisa membuat menentukan bidang studi sebanyak-banyaknya. Pada intinya, bidang studi ini berfungsi seperti folder, atau buku tulis bergaris untuk satu mata pelajaran. Saat Anda mengklik bidang studi ini, Anda bisa mulai mengetik langsung apa yang ingin anda catat. Dan kalau Anda ingin mencatat pada bidang studi yang sama tapi di waktu yang lain, Anda tinggal bikin catatan baru (shortcut standard Ctrl+N, seperti di LibreOFfice, Microsoft Word, atau OpenOffice). Anda juga bisa melakukan pencarian (search) saat butuh.
  2. Langsung simpan. Anda tinggal menulis dan otomatis software akan menyimpan apa saja yang Anda tuliskan. Kalau jaman sekarang bahasanya “intuitif.” Tapi kalau dipikir-pikir, ya seperti menulis biasa. Saat menulis buku tulis, kan Anda tidak perlu menekan Ctrl+S kalau mau membuka ke halaman selanjutnya.😀 Dan kalau listrik tiba-tiba padam saat mencatat, Anda tidak usah khawatir sebab semua yang Anda catatkan sudah tersimpan.
  3. Offline bisa Online bisa. Ini dia, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara online. Tapi, kalau Anda ingin membuka catatan-catatan Anda ini di komputer lain, Anda tinggal mengekspor saja catatan ini, kirim lewat email atau jaringan, dan buka di komputer lain. Nah, kan, Offline bisa, Online bisa, kayak sarung Atlas, “Santai Bisa, Resmi Bisa”!
  4. Format memadai. Setiap kali Anda mencatat di NixNote yang ringan ini, Anda juga sudah bisa langsung melakukan pemformatan ala-kadarnya, seperti misalnya cetak tebal, cetak miring, bullet and numbering, hyperlink atau apa-apa saja yang lazimnya bisa disediakan oleh software pengolah kata yang memadai. 
Sementara begitu dulu saja keuntungan-keuntungan dari memakai NixNote. Saya adalah orang yang berbahagia menemukan software ini. Semoga Anda juga berbahagia menemukan software ini. Salaam catet!
Kalau sekadar ingin tahu seperti apa tampilan software itu, silakan klik di sini, saya intipkan dari buku catatan saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s