Saya tidak tahu ini sudah lama atau masih baru. Yang pasti, baru kemarin saya menemukan bahwa ternyata di YouTube saat ini ada album-album yang bisa didengar lengkap. Yang saya temukan pertama kali adalah album Jazz Time Out karya Dave Brubeck Quarter yang direkam dari piringan hitam dengan visualisasi yang bagus, gabungan antara gambaran piringan berputar, animasi sedikit, dan gambar kucing si empunya vinyl. Maka saya dengarlah album itu. (Btw, ada lagu “Take Five” versi mereka! Selama ini saya hanya dengarkan versi Al-Jarreau. Dahsyat to?)

Tentu, penemuan seakbar itu tidak akan saya biarkan berlalu begitu saja. Saya langsung coba cari album-album musik lain. Pertama-tama progressive rock. Saya nemu beberapa album Pink Floyd. Ke ranah musik populer, saya nemukan album-album The Beatles penuh. Langsung disusul: The Clash, David Bowie, Guns’ n’ Roses, dan seterusnya.

Jadi begitulah, sekarang saya mau baca lagi sambil mendengarkan Dave Brubeck Quartet. Oh ya, jangan dikira saya penggemar musik jazz fanatik. Tidak, tidak, tidak. Saya kenal yang namanya Dave Brubeck Quartet baru kemarin itu. Saya cuma penyuka musik dan mau suka mendengar musik apa saja. Saya suka mengutip dialog Marlon Brando dalam film The Wild One dan memodifikasinya kalau ada yang tanya musik favorit:

Orang: Eh, Oom, sampean suka musik apa?

Saya: Sampean punya apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s