Saudara-saudara, minggu ini ada satu lagi entri untuk aplikasi android yang akan sangat memudahkan hidup, yaitu aplikasi SwiFTP. Saya sendiri bersyukur akhirnya bisa menemukan aplikasi ini. Tapi, sebelum masuk ke aplikasi tersebut, dengarkan sebentar ceramah saya ini, hehehe:

Ada satu yang perlu kita pupuk kalau ingin terus maju: peka terhadap ketidaknyamanan hidup dan berusaha sebisa mungkin mencapai kenyamanan semaksimal mungkin sambil terus peka terhadap ketidaknyamanan yang mungkin saja ada tapi biasanya tidak langsung terasa. Begitulah, untuk aplikasi SwiFTP ini, semua diawali dari ketidaknyamanan pasang copot kabel USB untuk update file .mp3 di hp. Selanjutnya saya jadi kenal ES Explorer. Saya cukup puas karena tidak perlu pake kabel kalau mau pindah-pindah file .mp3 (dan baru kemudian berkembang jadi transfer2 .doc, .pdf dan .prc). Tapi, lama-kelamaan kerasa juga ya transfer dengan mengendalikan hp terasa tidak akan secepat transfer dengan mengedalikan komputernya (sambil tetap tanpa kabel). Maka ketemulah ini tadi, satu aplikasi yang namanya SwiFTP.

Baiklah, kita lanjutkan reviewnya. Menggunakan SwiFTP ini sangat mudah, kita tinggal:

  1. Download aplikasi tersebut dari Android Market, tentu gratis (kalau nggak gratis nggak mungkin saya ambil, haha), dan kemudian langsung pasang (install :D).
  2. Buka aplikasi yang sudah terpasang, dan di situ Anda akan diminta memberikan nama pengguna dan kata kunci. Ingat baik-baik nama dan kata itu! Setelah Anda tekan masukkan (enter :D), maka Anda akan bisa melihat alamat ftp perangkat Android Anda.
  3. Catat alamat ftp yang muncul ini.
  4. Sekarang pindah ke komputer. Buka klien FTP kesayangan Anda (saya sendiri milih pakai Windows Explorer, karena gampang, gak perlu repot-repot) dan masukkan alamat ftp itu di bilah alamat (address bar, ding :D), misalnya ftp://198.168.18/xxxxxxxx
  5. Setelah itu pasti akan muncul kotak dialog meminta Anda memasukkan nama pengguna dan kata kunci. Ya masukkan nama dan kata yang tadi Anda bikin.
  6. Tata!!!! Sekarang Anda sudah bisa lihat jeroan si Andre, maksud saya perangkat android Anda tadi. Silakan mulai transfer. Untuk saya, kebetulan saya mulai transfer album Tori Amos Boys for Pele sebagai file-file pertama yang saya transfer. 
  7. Oh ya, kalau sudah selesai, ya silakan kembali ke perangkat android Anda dan hentikan koneksi FTP yang tadi dibuka (tentu dengan klik “Stop”… garing banget guyonnya? :})

Sementara begitu saja. Selamat menikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s