Menurut M. Keith Booker dalam buku Disney, Pixar and Messages in Children Films, film Cars (2006) adalah semacam perayaan budaya permobilan di Amerika Serikat—tentu saja klaim ini disertai berbagai bukti dan analisa. Memang sangat tepat. Dan tentu saja saya tidak akan menentangnya, takut kualat.

Untuk film Cars 2 (2010), sepertinya pernyataan Dr. Booker itu tidak berlaku. Film ini dengan sadar membawa urusan permobilan ke kancah internasional (makanya cocok sekali kalau soindtrack penutup filmnya adalah lahu country-rock-upbeat ‘Collision of World’ yang dinyanyikan oleh penyanyi country yg lg naik daun Brad Paisley dan penyanyi babon Inggris Robbie Williams). Tentu saja itu tidak mudah, sebab popularitas dan keampuhan mobil Amerika cenderung kalah untuk urusan balap mobil. Tapi tetap saja, ada satu teknik menarik yang dipakai sebagai kompensasi kurang tangguhnya tim balap Aa’ Syam. Yaitu mengambil legenda balap yang lain: balap sepeda.

Lightning McQueen bukanlah mobil balap Amerika, tapi dia adalah pembalap Amerika, Lance Armstrong, yang pernah 7 kali menjuarai Tour de France, bahkan setelah menjalani kemoterapi yang nyaris menghabiskan segala potensi fisiknya. Satu hal yang jelas-jelas dipinjam dari pengalaman Lance adalah perlombaan di Jepang dan Italia. Menurut autobiografi Lance, laga internasional pertamanya adalah ketika dia berlomba di Jepang. Kali itu, dia kalah dari seorang pembalap sepeda asal Italia. Selanjutnya, dalam tahun yang sama Lance berlatih lebih keras agar bisa mengalahkan pembalap Italia itu. Dan dia berhasil membalas kekalahan itu di laga Italia, yang tentunya sangat memalukan buat si pembalap Italia itu (yang kelak menjadi seorang pembalap senior yang sangat Lance hormati). Kalau sempat baca autobiografi Lance, Anda akan temukan scene yang menarik tentang kemenangan Italia itu.

Begitulah kira2 satu elemen Cars 2 (2010).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s