Menggunting Gembok

Ternyata kunci sepeda itu akhirnya harus saya ikhlaskan. Minggu lalu, waktu suhu sedang dingin-dinginnya, gembok sepeda ini sudah macet. Saya pikir waktu itu suhu dingin membuat salah satu elemen kunci atau apa gitu menyusut, sehingga gemboknya macet. Tapi kemudian gembok itu bisa dibuka lagi.

Nah, tadi siang si gembok sudah benar-benar resmi tidak mau bekerja sama. Waktu kunci dimasukkan, dia bisa muter, tapi sayangnya tidak bisa membuka gembok. Karena masih optimis, sepeda pun saya tinggal kuliah di gedung lain yang agak jauh dengan harapan siang harinya, setelah selesai kuliah, saya bisa membujuk si gembok untuk membuka. Eh, siangnya tetap tidak bisa. Saya tinggal lagi kuliah. Dan sorenya, waktu habis beli makan di dining hall, saya ketemu seorang tukang kebersihan gedung Student Union yang kebetulan beberapa kali pernah ngobrol dengan saya. Saya tanya, apa dia punya semacam hacksaw (gergaji besi) atau apa saja yang bisa buat memutus tali gembok sepeda. Tak disangka-sangka, dia ajak saya ke gudang peralatan untuk mengambil bolt-cutter (penggunting besi).

Dalam perjalanan dari gudang ke tempat parkir sepeda, saya tanya dia, “Sampean pernah pakai alat ganas ini?” Katanya, sekali-kalinya dia pakai gunting besi itu sekitar lima tahun yang lalu, waktu ada orang sepedanya terkunci di dalam gedung dan harus dia keluarkan. Saya langsung bilang “Wah, ternyata alat ini cuma ada buat kami-kami para pesepeda yang kena musibah gembok nakal.” 

Fakta buat Anda: ternyata cara pakai gunting besi itu sangat mudah. Kurang dari satu menit sejak mata gunting itu mencium tali gembok, plus beberapa kali guntingan dan ongkek-ongkekan, tali gembok itu pun putus. Itu dia gambarnya, saya ambil waktu saya habis dari Walmart buat beli gembok baru. Kali ini, untuk meminimalisir kerepotan karena kunci saya beli gembok kunci kombinasi angka.

Btw, gembok yang putus itu saya taruh di atas sadel sepeda lho ya, bukan celana ketat bahan latex.

Leave a Reply

