Ngajar TK hari ini berhasil. Semoga besok tetap sabar dan berhasil juga! Mungkin buat kita yang sudah bertahun-tahun belajar di SD, SMP, SMA, matematika itu ilmu yang keberadaannya bisa dengan mudah kita sadari, meskipun isinya pada titik-titik tertentu terasa di luar nalar banyak dari kita (kayak integral dan diferensial, misalnya :D). Buat anak TK yang baru mulai pada tahap dikenalkan ke penjumlahan, matematika itu mungkin sesuatu yang di luar nalar. Penjumlahan adalah ilmu yang abstrak. Apalagi kalau penjumlahannya tidak ditemani dengan media yang menjadikan operasi tersebut menjadi kongkret. Makanya setengah mati kita mencoba menggunakan gambar es krim, gambar mobil-mobilan, tambar boneka, dll. Semuanya agar operasi abstrak yang ada di awang-awang itu bisa tampak gamblang buat seorang anak kecil, yang di antaranya masih belum bisa membedakan antara khayalan dan kenyataan. Hhh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s