Apakah Anda sudah melihat berita yang kami timbulkan kemarin? Setelah kami mempermalukan DPR dengan membocorkan bahwa mereka beli beberapa kursi yang masing-masing seharga 24 juta untuk ruang Badan Anggaran, yang biaya renovasi totalnya mencapai 20.4 milyar (hanya untuk segelintir orang yang tingkat kewarasannya seperti itu), kami beraksi kembali: kami susupi para perancang dan pembuat proposal pembangunan jembatan gantung di lebak yang mirip outbound itu. Kami bisikkan agar proposal pembangunan jembatan itu hanya sekitar 1 milyar. Atau, kalau memang tidak bisa membuat anggaran jembatan ‘Indiana Jones’ itu 1 milyar, setidaknya jangan sampai lebih dari satu digit milyar. 

Tentulah ini kami atur agar pembaca berita langsung bisa membandingkan dengan pembangunan ruang Badan Anggaran tempo hari itu. Biar ada perbandingan begini: 

  1. Untuk ruangan para anggota DPR yang diragukan kemampuannya dibuat anggaran sebesar 20 milyar (dengan sorotan 24 juta untuk beberapa kursi yang akan mereka pantati); sementara untuk warga lebak, dan anak-anak khususnya, yang pikirannya belum sempat tercemari duit, dan sangat berpotensi benar-benar menjadi pengisi bangsa sekitar 15 hingga 50 tahun ke depan dibuat anggaran sebesar 1 milyar saja. 
  2. Untuk kenyamanan rapat (dan bubuk) para anggota DPR yang telah mengeluarkan jutaan rupiah agar bisa dipilih menjadi anggota DPR, dibuat anggaran 20 milyar; sementara untuk jalan kaki berangkat sekolah buat anak-anak Lebak yang memang menikmati sekolah gratis, dibuat anggaran 1 milyar saja. 
  3. Untuk pekerjaan para anggota DPR yang tinggal di jakarta, yang segalanya difasilitasi, mulai dari mobil dinas sampai pembayaran rekening air untuk cebok kalau eek, dibuat anggaran 20 milyar; untuk anak-anak sekolah di Lebak yang berangkat ke sekolah dengan jalan kaki, belum ada yang bisa beli galaxy tab, bahkan hanya segelintir yang pernah bikin akun facebook (hanya bikin, bukan pakai), dibuat anggaran sebesar 1 milyar saja. 

Demikianlah salam dari kami, Liga Bayangan. Kami tidak ingin macam-macam. Kami hanya ingin Anda melihat orang-orang menjijikkan sebagai orang-orang yang menjijikkan. Tidak lebih. Kurang mungkin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s