Dalam seminggu ke depan ini saya akan mencoba menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semoga saja tidak terlalu kering. Kira-kira, apa yang bisa membuat bahasa Indonesia yang baik dan benar itu tidak kering? Apa isi pembicaraannya? Kita lihat saja nanti. Tujuan saya sih sederhana saja: 1) untuk lebih mengakomodasi narsisisme yang kian hari kian menjadi-jadi, yang membuat saya ingin bisa dibaca orang yang sehari-hari menggunakan bahasa lain (bahasa Inggris, misalnya) meskipun saya menulis dalam bahasa Indonesia, melalui fasilitas penerjemahan Google Translate*; maka inilah kesempatan yang tepat 2) untuk menguji sejauh mana kemampuan fasilitas ini dalam menerjemahkan bahasa Indonesia (paling tidak bahasa Indonesia yang baik dan benar) ke dalam bahasa Inggris, dan bahasa-bahasa lain yang mungkin bisa dia jangkau. 

Agar kegiatan iseng ini menjadi berarti, saya akan semaksimal mungkin menggunakan waktu luang untuk mencari cara menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa harus terasa kering.

* Ada kejutan di hyperlink itu. Buktikan sendiri.

Leave a Reply

