Begitulah, singkat kata saya akhirnya punya hp berAndroid. Setelah keluar masuk sekitar sebulan di Android Market, melihat sejauh mana pasarnya bisa menawarkan kemudahan hidup, akhirnya saya pun sementara ini bisa membuat daftar aplikasi tambahan yang wajib ada di hp berAndroid Njenengan semua.

1. Google Docs: yang jelas-jelas untuk mengakses Google Docs kita. Seperti gembar-gembornya banyak orang, sekarang cloud life style (mengerjakan dan menyimpan apa-apa di server online) lagi ngetrend. Dan saya sendiri telah membuktikan banyak kemudahan yang bisa dipetik dari sini, terutama buat Anda yang mobile (yang artinya Anda semua, tidak ada kan orang yang tidak mobile? :D). Saya sendiri di rumah punya komputer dan suka mengetik di rumah. Tapi, sering juga saya harus mengetik di kampus. Masalahnya, saya jarang bawa komputer ke kampus. Jadinya ya… daripada repot-repot bawa thumb drive, ya lebih baik semuanya saya ketik di Google Docs, dan kalau sudah nyaris selesai, kalau cuma tinggal edit, baru saya download ke komputer. Dan selagi masih dikerjakan di Google Docs itulah, dengan bantuan aplikasi Google Docs di ponsel saya bisa mengeditnya kapan saja ada kesempatan, meskipun hanya 10 menit.

2. Moon+ Reader: yaitu aplikasi buat baca e-book yang sepintas seperti hanya untuk baca e-book ber-format .epub. Tapi, lama kelamaan ketahuan juga bahwa aplikasi ini terhubung ke beberapa database e-book di internet. Di antara beberapa database itu, ada beberapa yang khusus menyediakan e-book gratis, kayak misalnya gutenberg project. Kalau saya bilang terhubung dengan beberapa database, itu artinya kita bisa benar-benar mengetahui isi database tersebut secara terstruktur. Kita bisa tahu berdasarkan judul, genre, penulis, dsb. Jadi ya, asyik lah. Terutama kalau sudah dekat-dekat liburan.

3. ES File Explorer: yaitu aplikasi explorer untuk mengetahui isi ponsel kita YANG JUGA BISA DIGUNAKAN UNTUK MENGAKSES JARINGAN MELALUI LAN (LOCAL AREA NETWORK). Artinya, dengan aplikasi ini, kita bisa mengakses folder-folder yang kita share melalui LAN (secara wireless maupun wired). Jadi, kalau memang file yang ingin kita transfer dari salah satu komputer di rumah ke ponsel kita, kita tinggal ambil file itu lewat jaringan tanpa perlu mencolokkan kabel USB segala. Asyik to?

Sementara daftarnya tiga dulu. Mungkin nanti seiring waktu kita bisa menambahkan lagi aplikasi-aplikasi yang paling banyak dipakai. Everything’s still in progress.

Leave a Reply

