Dengan sebuah kebetulan yang sangat lihai, tibalah momen itu: saya membaca tentang “creative imagination”-nya Ibn Arabi, dan winamp secara acak memilihkan saya lagu “I’m the Highway” dari Audioslave.

Tiba-tiba terbetik di pikiran: lagu-lagunya Audioslave ini “nyufi” ya? Saya pun iseng-iseng menggooglenya dengan frase cari “audioslave sufi audiosufism” (yang terakhir ini kata iseng yang tiba-tiba terlintas di pikiran :D).

Dan ketemulah di beberapa baris bahwa Chriss Cornell vokalisnya Audioslave itu memang terkenal suka bikin lirik yang oleh sebagian publik di negara sana dianggap “nyufi”. Di sebuah forum, bahkan saya temukanb bahwa ada seorang pemuda yang beralih dari pemeluk Kristen menjadi pemeluk Sufism (sic!) karena membaca puisi-puisinya Chris Cornell ini. Hehehe…

Sekadar berbagi, saya terjemahkan lirik lagu “I am the Highway” dari Audioslave:

Akulah Jalan

tiada lagi permata
tiada lagi santap malam
jalanku panjang dan melelahkan
aku tersesat di kota-kota
tersepi di bebukitan
tak sedikit pun kurasa
derita pun iba
karena memilih pergi

aku bukan rodamu
akulah jalan
aku bukan permadani terbangmu
akulah langit

sahabat dan pembohong
jangan tunggu aku
karena sendiri saja
aku bisa
telah kutempuh jutaan kilo
dengan kakiku
tapi, tetap saja
kau terlalu dekat

aku bukan rodamu
akulah jalan
aku bukan permadani terbangmu
akulah langit
aku bukan semilir anginmu
akulah petir
aku bukan rembulan cantikmu
akulah malam
akulah malam

Kalau ingin aslinya, silakan google sendiri dan temukan lirik “I am the Highway”

Leave a Reply

