Sepertinya saya mulai menyadari bahwa untuk berpikir tenang (yang sangat saya butuhkan) saya harus menjauh dari jejaring sosial. Bagaimana kalau kita bahas satu persatu dampak negatif social networks terhadap keberpikirtenangan: 

1. Terlalu banyak suara bersliweran, baik itu yang mendukung maupun bertentangan dengan gagasan kita. Untuk pikiran yang mendukung gagasan, dampak negatifnya adalah dia berpotensi memperkuat narsisisme saya, sedikit banyak menghambat atau bahkan mencegah saya berpikir dialektis. Bisa dibilang, saya jadi butuh waktu lebih lama untuk mencari titik lemah gagasan-gagasan saya. Untuk sliweran ujaran orang yang bertentangan dengan saya: terkadang ketenangan saya untuk memamah gagasa-gagasan yang belum matang jadi terganggu. 

Jadi, mungkin akan lebih baik kalau 1) saya tidak melontarkan dulu gagasan yang belum lewat proses dialektis yang matang, atau 2) saya sendiri yang harus menentukan kapan akan mengecek social networks saya (dengan kata lain saya baru akan memeriksanya setelah saya yakin betulan bahwa saya sudah siap menerima kemungkinan anti-tesis gagasan saya dari sudut pandang orang lain, dsb). 

Kongkretnya, sesegera mungkin saya akan log out dari Facebook dan Twitter, sehingga kalau tangan saya otomatis mengetikkan facebook.com atau twitter.com dan mengklik enter, saya tidak akan langsung bisa masuk ke account tersebut.😀 Dan, yang kedua adalah saya akan segera mencopot add-on “silverbird” dari google chrome, sehingga saya tidak akan mendapatkan update status (meskipun mungkin nantinya ada informasi yang penting artinya bagi saya). Tapi, saat ini, mungkin yang lebih penting adalah memprioritaskan apa yang paling urgen dulu. 

Leave a Reply

