Tidak berniat provokatif dengan judul ini. Saya hanya pakai ini berdasarkan usaha membaca sekilas beberapa belas puisi dalam Jantung Lebah Ratu. Setelah saya baca-baca beberapa kali beberapa belas puisi itu, rasanya kok nggak paham ya? Seolah-olah, puisi itu memang meminta saya untuk tidak membacanya dengan pola pikir positivistik. Dia sepertinya memang tidak mau dibaca oleh orang yang hanya mencari artinya. Ini masih mungkin. Saya coba mencari-cari makna dibalik kata-katanya itu, tapi nyaris gagal. Pada satu titik, saya sempat berpikiran bahwa puisi-puisi itu mungkin saja memang kosong, tidak ada maksudnya. Tapi ya, sepertinya tidak juga begitu. Alasan saya sederhana: soalnya di situ ada judul yang jelas, yang seolah ingin menunjukkan bahwa tema puisi ini, betapapun belum teraba isinya, saya yakin ada tersembunyi sana. Tidak ada pemaknaan bulat yang berhasil saya konstruksi di pikiran. Yang ada hanya kesan-kesan asyik dari frase-frase atau klausa-klausa yang cukup menyenangkan saya bisa terbentuk…

Sementara, saya sebut saja penyairnya, Nirwan Dewanto, seolah memang benar-benar berniat mangkir dari menyajikan makna kepada kita di atas loyang bahasa. Mungkin dia meminta kita menghargai puisinya, memandangnya sebagai aset (atau bahkan komiditi :D), dari sudut pandang yang lain. Mari kita coba nanti.

Sementara kita sebut saja dulu Oom Nirwan Dewanto ini mangkir. Dan untuk melihat kemangkirannya, saya ketikkan di sini salah dua sajak yang saya baca kemarin itu: 

Angsa Liar

Tabah seperti saputangan,
Putih bersulih ke selatan— 
Terpulau oleh Rumputan

dan ini satu lagi :D 

Lonceng Gereja

Kaum musuhku menuntun aku menyanyi
serta memeluk aneka menara tertinggi
tetapi demi jubah Latin bagi orang mati
aku hanya belajar diam seperti lidah api
(2006) 

Sementara begitu dulu.

Leave a Reply

