Istri: Mas, kok tak rasa-rasakan logat Inggris sampean kesannya semakin Indonesia sih sejak kita tinggal di sini?
Suami: Begitu ya, Dik?
Istri: Iya lho mas. Dulu, waktu sampean baru balik dari sini, saya dengar sampean ngomong di telepon sama teman itu kelihatan kayak londooo banget bahasa Inggrisnya.
Suami: Kelihatan apa kedengaran?
Istri: Iya, iya, kedengaran. Sik ta, Mas, jangan nylimur.
Suami: Iya, iya. Aku sih gak ngerasa dik. Tapi dik, tak ceritani sebentar.
Istri: Sik ta, ngomong satu belum selesai kok sudah pingin cerita?
Suami: Ya cerita soal ini maksudku.
Istri: Lanjut mas.
Suami: Aku dulu kan pernah bilang, kalau urusan bahasa, yang penting itu kan bukan logat saja.
Istri: Iya, ingat. Isinya, kan, yang penting?
Suami: Nah, masih ingat gitu loh. Yang penting itu kita bisa ngomong secara, istilah londonya, ‘articulate’.
Istri: Hmm…
Suami: Terutama buat orang-orang kayak kita yang lidahnya sudah rusak kebanyakan makan dondong.
Istri: Ini mulai ngeles pasti.
Suami: Bisa jadi. Haha… Tapi, Dik, sampean nanti tak tunjukkan video klip-nya Zak Dekhida.
Istri: Apa?
Suami: Dekhida. Itu nama Perancis. Ejaannya Der-Ri-Da.
Istri: Kenapa si “Dekhidae” itu?
Suami: Bukan “Dekhidae” itu kan nama seksolog “Daniel Dakhidae”!
Istri: Iya. Terus?
Suami: Si Dekhida itu kalau ngomong Inggris logatnya Perancis banget. Perancis, cis. Tapi, Dik, penguasaan kebahasaannya sampean lihat. Super mbois. Bahasanya kalau ngomong di seminar-seminar. Ah, bikin mlongo lah.
Istri: Oke….
Suami: Belum lagi pemikirannya. Orang Amerika, terutama yang jurusan sastra, dia bikin nyembah-nyembah gara-gara pemikirannya.
Istri: Iya sih.
Suami: Jadi, bisa memahami?
Istri: Tapi tetep saja, sampean jadi nggak kayak Cinta Laura kalau ngomong. Nggak gaya, Mas!!! Blas!!!
Suami: ????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s