Pasti Anda sekalian pernah terbangun dari tidur gara-gara bermimpi jatuh dari sepeda, kecebur ke sungai atau semacam itulah. Postingan ini akan sedikit membicarakan soal itu. Argumen utama saya adalah: penglihatan memainkan peran yang luar biasa dalam kesadaran kita.

Dalam film Inception, untuk membangunkan dari mimpi diperlukan “jatuh” (ah, saya lupa apa istilah yang dipakai di film itu, entah “fall” entah apa). Jadi, dalam Inception, untuk membangunkan orang dari mimpi, kita perlu menjatuhkan mereka dari kursi atau mencelupkan orang tersebut ke air. Kira-kira begitu. Mungkin saja hal itu benar. Logika sederhananya, kita bisa membangunkan orang tidur pada umumnya dengan cara menggoyang-goyangkan dia.

Tapi, saya baru sadar bahwa sebenarnya tanpa itu pun kita bisa saja terbangun, yaitu melalui perasaan tergoncang atau terganggu yang luar biasa. Dan perasaan tergoncang itu bisa timbul dari apa yang kita lihat. Contohnya sangat sederhana tapi jelas. Kalau kita bermimpi jatuh dari sepeda, kita akan bangun sendiri, karena kita merasa badan kita akan terbentur. Sepersekian detik perasaan akan terbentur itulah yang membuat kita terbangun. Kita jadi terlempar dari kesadaran mimpi dan jatuh ke kesadaran biasa.

Sepertinya, itu pula yang disasar oleh para pembuat film 3D. Dengan membuat kita melihat dan mempersepsi bahwa akan ada kereta api yang melindas kita, kita langsung kaget dan berteriak. Itulah yang seringkali terjadi saat kita melihat film 3D. Di sini terlihat bagaimana para ahli teknologi itu sebenarnya menciptakan sesuatu yang mendekati kehidupan pada umumnya.

Tulisan ini masih mbulet. Monyet-monyet pikiran berlompatan dengan liar di kepala saya. Kalau saja monyet-monyet itu bisa saya tangkapi satu per satu, mungkin tulisan ini akan lebih jelas dan lebih berguna buat saya sendiri, dan mungkin Anda sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s