Jadi begini. Sampean punya internet yang cukup diandalkan di rumah. Katakanlah, Sampean punya speedy yang 1 Mbps (atau sejenisnya) yang bisa diandalkan. Tapi, Sampean tidak punya (atau belum sempat beli) router wireless, atau access point, yang memungkinkan Anda membagi koneksi internet itu tanpa kabel ke seluruh rumah.

Jangan kuatir, kalau Sampean belum sempat atau belum pingin beli router, ada solusinya yang murah dan mudah. Namanya: CONNECTIFY.

Jadi begini kira-kira sistem kerjanya. Anda harus punya minimal satu komputer yang memiliki fasilitas penangkap wifi. Fasilitas ini ternyata juga bisa memancarkan wifi, sebut saja Komputer 1. Komputer 1 ini harus tersambung langsung ke internet lewat modem. Nah, Komputer 1 inilah nantinya yang bertugas memancarkan sinyal internet yang didapatkan. Dengan kata lain, dia akan menjadi “access point”. Untuk alat penerima sinyalnya, tentu saja Anda butuh alat lain yang dilengkapi dengan penangkap wifi, bisa komputer lain, handphone wifi-enabled, ipad, galaxy arifintab, dll, dst, dsb dllajr.

Caranya mudah banget. Begini. Silakan sampean downloadn software Connectify dari sini. Setelah itu, monggo diinstall di komputer.
Aktifkan wireless di komputer yang akan Anda pakai sebagai access point.
Ikuti Installation Wizard (atau bahasa terjemahannya Wisaya Instalasi ).
Setelah selesai, sampean akan lihat pop-up di kanan bawah. Silakan atur koneksi sampean. Bikin nama dan password (atau bahasa terjemahannya “kata sandi” :D). Setelah itu, klik enter, dan software akan bekerja sebentar.
Sampean akan menemukan notifikasi bahwa connectify sudah bekerja.
Nyalakan komputer lain, yang juga dilengkapi dengan wireless dan lihat di bagian notifikasi wireless yang tersedia. Di situ akan terlihat nama jaringan Connectify Anda, dan klik jaringan tersebut serta masukkan kata sandi yang sudah Anda buat di komputer yang dijadikan access point tadi.
Demikianlah, silakan menikmati jaringan wireless di rumah Anda sampai Anda berkesempatan (atau mampu, hehehe) beli router wireless (atau bahasa terjemahannya “perute nirkabel”, ehem) betulan.

Sementara ini, saya coba dengan komputer saya (komputer Dell Inspiron 1525 saya jadikan access point dan komputer Lenovo S10-3s sebagai komputer lain yg mengambil koneksi secara nirkabel) dan hasilnya cukup memuaskan. Kebetulan di rumah punya internet 3 Mbps, dan waktu saya coba buat nonton video Jay Leno Show secara online hasilnya lumayan. Gambar agak terbata-bata, tapi sama sekali tidak putus. Suara lancar jaya. Terbata-bata mungkin karena streaming. Tapi kalau buat Youtube, sama sekali tidak ada masalah (lho, youtube kan juga streaming😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s