Alhamdulillah, terwujud juga akhirnya keinginan silaturahmi ke Ranu Kumbolo. Danau di ketinggian 2.400 meter dpl ini sudah lama menjadi sebuah tempat paling eksotis di kesadaran saya. Entah kapan pertama kali muncul keinginan untuk sowan ke Ranu Kumbolo ini.

Seingat saya, dulu waktu masih SMP, ketika saya masih suka baca cerpen-cerpen misterinya majalah Liberty, saya pernah membaca sebuah cerpen berjudul Gadis Ranu Kumbolo atau apa gitu. Isinya mungkin tentang sekelompok pendaki yang ditemui seorang gadis yang meminta bantuan atau semacamnya di Ranu Kumbolo, di gelap malam, di liputan kabut.

Terus, waktu SMA, ketika mulai kenal Dewa 19 lebih jauh, saya terbius oleh lagu yang menurut saya secara sound kurang jernih tapi syairnya sangat membius: “Mahameru”. Saat pertama kali mendengar Ari Lasso mendesah “berselimut kabut ranu kumbolo,” saya langsung sadar bahwa saya ingin melihat sendiri tempat penuh kabut itu.

Di jaman facebook, saya sudah sangat sering melihat foto-foto Ranu Kumbolo dari para ahli poto, kayak Fadli Rozi yang mungkin menetapkan Ranu Kumbolo sebagai tempat tujuan hunting pertamanya setelah pulang dari Australia. Melihat foto-foto penuh warna itu, saya jadi ingin melihat Ranu Kumbolo yang cerah dan penuh warna.

Tapi, mungkin alam raya berpihak kepada alam bawah sadar saya, yang ingin melihat Ranu Kumbolo dalam liputan kabutnya. Maka, kemarin, ketika terwujud keinginan saya sowan ke Ranu Kumbolo, saya benar-benar merasakan berselimut kabutnya mulai sore, malam dan pagi esok harinya. Sampai kini, masih terlalu sulit saya menuliskan apa yang harus saya tuliskan tentang Ranu Kumbolo. Tidak tahu, mungkin saya memang tidak harus menuliskannya. Biarkan dulu saya menikmatinya. Biarkan saya menikmatinya. Biarkan saya.

Leave a Reply

